Review Mortal Kombat X Android

Mortal Kombat X – Apakah kamu tahu game fighting sadis yang telah diulas oleh Fahmi beberapa hari lalu tersedia pula di dunia mobile? Game yang haus akan darah ini seakan-akan memberi harapan bagi para gamer mobile psikopat agar juga dapat merasakan sensasi penuh darah yang sudah dirasakan oleh para gamer PC dan console. Ya, saya sedang membicarakan Mortal Kombat X.

Impresi awal Mortal Kombat X versi mobile sudah pernah dibahas oleh DaftaGameAndroid. Ia merasa puas setelah memainkannya selama dua jam. Namun, apakah yang akan terjadi setelah memainkan Mortal Kombat X versi mobile hingga lebih dari delapan jam? Membosankan, semakin seru, atau malah semakin membuat ingin muntah? Kamu dapat menemukan jawabannya di akhir artikel ini, tapi sebelumnya mari kita kuliti perlahan-lahan terlebih dahulu mengenai apa saja yang akan kamu temukan di versi mobile ini.

Banyak Darah Namun Tidak Banyak Adegan Fatality

Adegan Fatality

Pengalaman saya di dua jam pertama ketika bermain Mortal Kombat X versi mobile kurang lebih sama dengan apa yang dideskripsikan Iqbal di impresi awalnya. Namun secara lebih spesifik, pada stage pertama hingga pertengahan progres permainan, saya sangat menikmati setiap pertarungan yang disuguhkan di layar smartphone saya.

Mortal Kombat X sukses mengalihkan perasaan stres saya ke perasaan yang lebih gembira. Pertarungan terasa menantang, tidak terlalu sulit tapi tidak terlalu mudah juga. Taktik pergantian karakter, kapan menangkis, dan kapan melakukan pukulan bisa saya kuasai dengan cepat. Sama seperti versi console atau PC, saya banyak melihat darah di Mortal Kombat X, Serangan-serangan akan menimbulkan efek sinar-sinar kecil disertai dengan adanya percikan darah yang membuat saya semakin ingin terus menghajar musuh.

Efek-efek yang mengandung darah serta unsur sadis ala Mortal Kombat akan kamu jumpai pula ketika kamu melakukan serangan X-Ray (yang notabene hanya bisa dilakukan kartu berjenis gold) atau ketika karakter kamu melakukan Fatality. Jurus Fatality tersebut sedikit mengecewakan sebab hanya bisa dilakukan pada bos yang sangat jarang ada. Saya pribadi sebenarnya berharap akan sering melihat Fatality di sini, sehingga jarangnya Fatality yang ada di Mortal Kombat X versi mobile jujur membuat saya kurang puas.

Adegan Fatality 2

Cara untuk melakukan Fatality cukup mudah. Ketika bos sudah berhasil kamu kalahkan, kamu hanya perlu menuruti perintah gerakan cepat, atau biasa disebut dengan Quick Time Event (QTE), yang tertera di layar. QTE yang disediakan sama sekali tidak akan membuat gadget kamu rusak. Semua QTE yang disediakan untuk Fatality dibuat santai dan akan menjadi keterlaluan jika kamu sampai gagal menyelesaikan QTE yang disediakan.

Tidak Ada Grinding Yang Berlebihan

Tidak Ada Grinding Berlebihan

Developer Mortal Kombat X pernah membuat game fighting serupa berjudul WWE Immortals pada Februari 2015 lalu. Hampir semua aspek bertarung yang disuguhkan di Mortal Kombat X menyerupai apa yang sudah disuguhkan di WWE Immortals. Sesuatu yang mengecewakan memang, namun ada satu aspek yang bisa membuat saya sedikit tersenyum lega. Faktor grinding di Mortal Kombat X tidak separah di WWE Immortals. Saya sendiri, setidaknya hingga setengah progres permainan, hanya sesekali saja mengulang level demi mencari experience dan gold. Sisa waktu yang saya punya dihabiskan untuk terus melaju dari satu level ke level selanjutnya agar bisa menamatkan Mortal Kombat X lebih cepat.

Aspek grinding yang tidak parah ini disebabkan oleh sistem ally yang mengizinkanmu memilih salah satu dari sekian banyak pemain di server Mortal Kombat X untuk membantu kamu menghajar para musuh. Biasanya pilihan ally yang disediakan sudah memiliki serangan yang sangat tinggi dan bisa membuat musuh kamu tewas seketika alias one hit kill. Keuntungan lain dengan memilih ally adalah kamu bisa mendapatkan poin ally, yang nantinya bisa ditukarkan dalam jumlah tertentu dengan random card yang isinya bisa berupa equip, kartu support, bahkan kartu karakter.

Mencari gold di Mortal Kombat X versi mobile pun termasuk mudah. Secara berkala, pihak developer akan membagi-bagikan gold dan soul (mata uang IAP) secara cuma-cuma tanpa syarat sama sekali. Kamu cukup cek inbox message kamu saja. Jumlah gold atau soul yang dibagikan pun bukan main, bisa membuat kamu merasa seperti mendapat gaji bonus. Selain itu, setiap seminggu sekali, terdapat event di mana kamu bisa mendapat gold secara ekstra cepat. Saking mudahnya mendapatkan gold, karakter Scorpion milik saya bisa saya upgrade terus menerus dengan leluasa. Tidaklah mengherankan bila saya bisa menamatkan Mortal Kombat X ini dengan cepat dan mudah berkat semua hal tersebut.

Tidak Ada Grinding Berlebihan 2

Tidak ketinggalan di sini, ada juga Faction Wars yang memiliki konsep sama dengan versi console atau PC. Peringkat kamu akan selalu dievaluasi setiap minggu. Semakin tinggi peringkat kamu, hadiah yang akan kamu dapat juga semakin menggiurkan. Terakhir kali saya berada di peringkat tujuh ribuan, hadiah-hadiah yang saya dapatkan berupa kurang lebih sepuluh equip, 30.000 gold, dan empat puluh soul. Saya semakin tidak heran mengapa saya cepat kaya di game ini.

Jumlah Karakter Yang Sayangnya Terbatas

Jumlah Karakter Terbatas

Hal gamblang soal karakter yang membuat saya kecewa adalah saya sama sekali tidak dapat melawan Shinnok, sang antagonis utama dari Mortal Kombat X, walau sudah menamatkan semua stage yang disediakan. Memang ini bukanlah hal negatif yang akan bertahan lama karena cepat atau lambat pasti akan terdapat update yang menghadirkan Shinnok di versi mobile ini. Saya bukan peramal, namun insting gamer saya tidak mungkin salah … haha.

Selain itu, tidak semua karakter di Mortal Kombat X versi console atau PC bisa kamu mainkan di sini. Karakter-karakter besar seperti Liu Kang, Kung Lao, atau Raiden tidak bisa kamu mainkan. Karakter-karakter kroco seperti Soldier, Commander, Ninja Lin Kuei, atau Saurian justru bisa kamu mainkan. Saya sendiri kurang suka dengan karakter-karakter kroco tadi karena mereka hanya berguna sangat sebentar di level-level awal saja. Kita hanya bisa berharap update berikutnya akan menghadirkan lebih banyak karakter.

Soal grafis sendiri, Mortal Kombat X patut diacungi dua jempol. Kualitas grafisnya sedikit lebih baik daripada WWE Immortals. Serangan X-Ray dan Fatality yang disuguhkan, walaupun tidak sedetail versi console atau PC, tetap bisa membawa aroma menjijikkan dan membuat mual. Hebatnya lagi, smartphone iPhone 5 saya yang sudah berusia lebih dari dua tahun tetap mampu membawakan Mortal Kombat X secara mulus dengan grafis memukau.

Jumlah Karakter Terbatas 2

Hal selain Fatality yang membuat perut mual di Mortal Kombat X versi mobile ini adalah harga IAP yang ditawarkan. Harga IAP di game ini sangat tidak masuk akal, terutama bagi gamer Indonesia. Dengan uang sejumlah Rp120.000 kamu bisa mendapatkan 125 soul yang hanya bisa dibelanjakan untuk sebuah kartu karakter gold secara random. Jika kamu ingin mendapatkan kartu karakter secara spesifik, kamu perlu merogoh kocek hampir Rp300.000 per karakter. Untungnya, seperti yang sudah saya jelaskan di atas, kamu akan sering mendapatkan soul secara berkala, baik berupa bonus dari developer maupun ketika kamu berhasil menyelesaikan level yang disediakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.